TIPS MENCUCI KARPET















Cuci karpet manual :

1. Brdirikan karpet
2. Basahi karpet dgn air mengalir agar debu yg menempel tersapu; brsamaan dgn itu, tepuk2 dgn sapu lidi atau alat lain agar ktoran lainny ikut tersapu air; (krna kbnyakan krpet trlalu bnyak debu dan ktoran yg menempel)
3. Sikat dgn air yg sdah dcampur dgn shampo karpet yg hrgany lbih murah dbnding dgn chemical lainnya
4. Bilas dgn air mengalir kmbali
5. Keringkan

Tips 2

1.Letakkan karpet di lantai. Kemudian, siramlah bagian depan dan belakangnya dengan air bersih. Sebaiknya, penyiraman ini dilakukan dengan menggunakan selang agar kotoran bisa keluar.

2.Keluarkan sisa air dalam karpet dengan menggunakan serokan karet berwarna hitam , yang biasanya digunakan untuk mendorong air.

3.Cucilah karpet dengan shampo bayi. Usahakan menyikat karpet harus searah dengan serat karpet agar karpet tidak rusak.

4.Langkah terakhir adalah siramlah karpet dengan air bersih. ulangi sampai air yang keluar dari karpet berwarna bening. setelah itu, jemur di bawah sinar matahari.

Cuci dengan di serok pake serokan karet jadi lebih cepat kering...
karpetnya dibungkus

Tips 3
1. Cuci basah ( karpet di vacum, kemudian dibasahkan dengan larutan air yg telah diberi shampo carpet, bisa disikat manual dengan sikat yang tida...k terlalu keras atau kalau punya polisher bisa menggunakan pad yang medium, kemudian bilas, lalu vacum dengan wet & dry vacum cleaner.

2. Cuci kering, sistem cuci kering cenderung hanya mencuci bagian permukaan karpet saja (terutama karpet karpet berbulu/bludru). Langkah kerja, (cara manual): vacum carpet untuk meminimize debu, kemudian campurkan shampo karpet khusus cuci kering dengan air dalam ember lalu kocok atau aduk-aduk sampai banyak busanya, kemudian ambil busa-busa tersebut, cipratkan atau tuangkan busa-tersebut pada permukaan karpet, lalu sikat dengan sikat (soft atau medium tergantung jenis bulu karpet), sebaiknya saat menuangkan busa tidak langsung pada semua bagian karpet, tetapi bertahap, agar efektifitas kerja busa maksimal. setelah itu vacum dengan wet & dry vacum. Kalau punya mesin carpet extractor, teman2 tinggal memasukan carpet shampo ke dalam kontainernya, lalu tinggal menjalankan mesin.

3. Untuk mengeringkan karpet bisa di blower atau di jemur ( hati2 tidak semua jenis karpet kuat dengan panas matahari)

# Dipasaran banyak dijual shampo carpet baik untuk cuci basah maupun kering. Perlakuan cuci basah atau kering, tergantung dari tingkat kekotoran, lamanya waktu proses yang diinginkan, lalu material dari karpet itu sendiri.

# Tidak semua jenis karpet tahan terhadap detergent, jika tidak punya shampo karpet lebih baik menggunakan MPC atau cleaner dengan ph balance/netral.